Fokus Pengembangan Teknologi Roket

Berita



Workshop K3 Bidang Teknologi Propelan
Penulis Berita : Kontributor Pustekroket • Fotografer : Kontributor Pustekroket • 20 Jun 2014 • Dibaca : 36078 x ,

Dalam rangka membangun komitmen pencegahan kecelakaan kerja dan peningkatan kualitas kesehatan kerja para pegawai di Bidang Teknologi Propelan, Pusat Teknologi Roket LAPAN, maka pada Rabu (04/06/2014) diadakanlah kegiatan Workshop Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), yang bertempat di Kampung Pa’Go, Ciwidey, Kota Bandung. Kegiatan yang bertemakan “Bekerja dengan Aman” ini, diisi oleh dua narasumber yang telah memiliki kompetensi dibidangnya masing-masing, yaitu Bapak Wildan Widarman serta Bapak Dewo P. Rahajo.

Pemaparan materi workshop dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama diisi oleh Bapak Wildan yang memaparkan materi berjudul “Paradigma Baru K3”. Pada sesi ini Bapak Wildan menerangkan mengapa pengetahuan K3 itu sangat penting untuk dipahami, bagaimana sebenarnya kecelakaan kerja dapat terjadi, serta bagaimana cara mencegah dan meminimalisasi tingkat resiko kecelakaan kerja di lapangan.

Sedangkan pada sesi kedua, pemaparan materi disampaikan oleh Bapak Dewo yang menjelaskan tentang “Basic HSE Best Practice”. Selama sesi ini berlangsung, beliau memaparkan mengenai pemahaman keselamatan dan kesehatan kerja, pemahaman lingkungan (HSE behavior), penilaian resiko dan dampak lingkungan, pengendalian bahaya dan resiko, serta pengendalian dampak lingkungan dan pengendalian operasional.

Para peserta workshop yang berjumlah 54 pegawai, terdiri dari para teknisi, perekayasa, dan peneliti pun tampak sangat antusias mengikuti kegiatan ini karena tema workshop kali ini sangat berkaitan erat dengan lingkungan kerja di bidang penelitian dan produksi propelan yang memiliki tingkat resiko bahaya atau kecelakaan yang tinggi.

Diharapkan setelah mengikuti workshop ini, tingkat kesadaran para pegawai di bidang propelan pusat teknologi roket mengenai keselamatan dan kesehatan kerja mulai tumbuh. Karena selama ini yang terjadi dilapangan masih sering didapati para pegawai yang tak mengindahkan akan keselamatan dirinya.
Memang untuk merubah dan menanamkan pola pikir tersebut tidaklah mudah. Namun dengan adanya niat dan kemauan untuk berubah maka bukan hal tidak mungkin semua tujuan dan harapan dari kegiatan workshop K3 ini dapat tercapai.

Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts
Kontak kami :
Pusat Teknologi Roket

Jl. Raya Lapan No. 2 Mekarsari, Rumpin
Bogor 16350, Jawa Barat
Telp. (021) 70952065
Fax. (021) 7095206



Flag Counter
 

© 2019 | Pusat Teknologi Roket | Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional | LAPAN