Fokus Pengembangan Teknologi Roket

Berita



WORKSHOP PERENCANAAN ANGGARAN 2017 PUSTEKROKET YANG AKUNTABEL DAN TRANSPARAN
Penulis Berita : • Fotografer : • 24 May 2016 • Dibaca : 35401 x ,

Pusat Teknologi Roket mengadakan workshop perencanaan anggaran,  berlangsung dari tanggal 24 s/d 26 Mei 2016 bertempat  Darmawan Park Ole Suites Hotel, Sentul,Bogor Jawa Barat dihadiri Pejabat Lapan, narasumber(LKPP,BPKP) dan peserta. Deputi Bidang Teknologi Penerbangan dan Antariksa Dr. Rika Andiarti, dalam sambuatnnya pentingnya pertemuan ini untuk merencanakan kegiatan tahun depan lebih baik, dengan kemauan yang keras mempersiapkan penyusunan anggaran dari pagu indikatif sampai dengan difinitif  focus untuk program yang utama dan prioritaskan kegiatan jika anggaran terbatas. Kegiatan ini merupakan tahapan program reformasi birokrasi  tahap ke 2(dua) salah satunya “performance based” mengoptimalkan kinerja individu dan/atau kelompok penelitian atau kerekayasaan.
Kepala Pusat Teknologi Roket Drs. Sutrisno,M.Si, dalam arahannya peningkatan kualitas perencanaan anggaran,  mempersiapkan KAK (Kerangka Acuan Kerja) dengan acuan data biaya dari  SBU (Standar Biaya Umum), agen tunggal/distributor, harga survey internet dan quation.  Peningkatan perencanaan diharapkan optimalisasi kerja, realisasi anggaran tepat waktu, mengurangi temuan pengawasan dan pencapaian sasaran.
Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan  Ir. Heny Setyaningsih,M.Si  perencanaan, penyusunan anggaran dipersiapkan dengan baik sebelum dilakukan pembahasan untuk menghindari pemblokiran dana, evaluasi tahun lalu pelelangan barang dilakukan dengan waktu yang sempit dan realisasi anggaran  pada akhir tahun berakibat perencanaan kegiatan tidak sesuai dengan jadwal, dengan perubahan OTK (Organisasi Tata Kelola) LAPAN bagian keuangan dalam satu biro memudahkan koordinasi,pemantauan dan evaluasi.
Inspekur, pentingnya meningkatkan hasil opini WDP (wajar dengan pengecualian) dengan optimalisasi asset yang tidak berwujud dilakukan penyusutan, tata kelola administrasi sesuai SOP (standar operasional prosedur), pengadaan barang/jasa berintegritas dan performance AKIP (Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah).
Pentingnya Penyelenggaran pemerintah yang bersih (good governance) meningkatkan efisiensi, efektifitas, transparansi dan akuntabilitas kinerja (perencanaan,penganggaran, persetujuan,pengukuran dan pelaporan)  penyelenggaraan negara menuju Sasaran Strategis Utama IKU (Indikator Kinerja Utama) atau PK (Penetapan Kinerja) melaksanakan kegiatan berdasarkan peraturan dan/atau  perundang-undangan yang berlaku dengan hasil yang dipertanggungjawabkan secara keuangan dan fisik  (akuntabel).







Related Posts
No Related posts
Kontak kami :
Pusat Teknologi Roket

Jl. Raya Lapan No. 2 Mekarsari, Rumpin
Bogor 16350, Jawa Barat
Telp. (021) 70952065
Fax. (021) 7095206



Flag Counter
 

© 2019 | Pusat Teknologi Roket | Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional | LAPAN