Fokus Pengembangan Teknologi Roket

Berita



Sosialisasi Pengelolaan Persediaan Barang Di Pusat Teknologi Roket
Penulis Berita : Tim Diseminasi • Fotografer : Tim Diseminasi • 17 Oct 2016 • Dibaca : 31009 x ,

Rumpin, Selasa 11 Oktober 2016, diadakan diskusi dan sosialisasi mengenai “Pembahasan Standard Operating Prosedures (SOP) Pengelolaan Persediaan LAB” di ruang rapat lantai 3 Gedung Terpadu Pustekroket. Yang hadir pada diskusi ini antara lain Tim Persediaan TU dan Lab, Tim Pengadaan, para Peneliti, Perekayasa, user (pengguna) bahan persediaan dari Poklit Teknologi Kendali, Teknologi Struktur, dan Teknologi Propulsi. Para Peneliti dan perekayasa diundang agar sosialisasi ini dipahami dan dijalankan oleh semua pihak yang berkaitan dari pengadaan barang sampai penggunaannya, diharapkan kedepannya tidak ada kesalahpahaman dalam menjalankan SOP ini. dan  Diskusi dimulai dengan Presentasi Kepala Pusat Teknologi Roket Bapak Drs. Sutrisno Msi mengenai Profil Pustekroket serta permasalahan persediaan setiap tahun terutama masalah Gudang penyimpanan bahan baku yang belum siap digunakan.


Pemaparan kedua oleh Kasubbag Keuangan dan BMN, Bapak Enggar Giri Pambudi SE.Ak mengenai Standard Operating Prosedures. Ada 4 Standard Operating Prosedures yang sudah dibuat dan disepakati Tim Persediaan Pustekroket yaitu:
- SOP Pengadaan Barang dan jasa.
- SOP Penerimaan Barang Di Gudang.
- SOP Permintaan Dan Pengeluaran Barang Persediaan Dari Gudang.
- SOP Pengelolaan Persediaan Di Lab.

Semua SOP yang sudah disepakati ini akan ditandatangani Kepala Pustekroket kemudian diajukan ke LAPAN Pusat pada tanggal 12 Oktober 2016 untuk pengesahannya.


Adanya dua gudang baru (gudang padat dan gudang cair) di Pustekroket diharapkan akan meminimalisir permasalahan persediaan. Gudang Padat digunakan untuk penyimpanan bahan baku padat seperti baja pejal, tabung stainless steel, plat alumunium, karbon grafit, box roket, komponen elektronik, pesawat kendali dan sparepartnya, dan banyak juga bahan persediaan dari motor roket. Gudang Cair digunakan untuk penyimpanan bahan bahan kimia dari propelan dan roket cair seperti HPTM, TDI, IPDI, AP, AL, Epoxy Resin, dan lain – lain. Walaupun kondisi Gudang Padat dan Gudang Cair belum 100% siap (terutama pada kondisi lantai yang perlu diperbaiki, perlu hoist crane untuk mengangkut bahan – bahan yang berat, serta ruangan petugas dan admin gudang juga perlu renovasi), untuk saat ini sudah mulai dioptimalkan, bahan – bahan persediaan di Lab sudah banyak yang dipindahkan ke gudang, perpindahan bertahap dan diharapkan kedepan tidak ada lagi bahan baku yang ada di Lab – lab.

Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts
Kontak kami :
Pusat Teknologi Roket

Jl. Raya Lapan No. 2 Mekarsari, Rumpin
Bogor 16350, Jawa Barat
Telp. (021) 70952065
Fax. (021) 7095206



Flag Counter
 

© 2019 | Pusat Teknologi Roket | Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional | LAPAN