Fokus Pengembangan Teknologi Roket

Berita



Pengenalan Hasil Litbang Pustekroket Dalam Acara Sosialisasi Program Kerja 2017
Penulis Berita : Tim Diseminasi • Fotografer : Tim Diseminasi • 28 Nov 2016 • Dibaca : 897 x ,

28 November 2016 LAPAN berulang tahun yang ke-53, untuk memperingati hari jadinya tersebut, LAPAN mengadakan sosialisasi progam kerja 2017 yang dihadiri oleh seluruh karyawan/i LAPAN dari seluruh satker yang ada di Indonesia dan acara tersebut bertema “Membangun Kemandirian di Bidang Penerbangan dan Antariksa” dan dilaksanakan di Pusat Teknologi Roket.


Sosialisasi Progam Kerja LAPAN sendiri langsung disampaikan Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin. Sesuai dengan visi menjadi pusat unggulan penerbangan dan antariksa untuk mewujudkan Indonesia yang maju dan mandiri, Kepala LAPAN juga menyampaikan LAPAN mempunyai tujuh program utama, pengembangan roket sonda, pengembangan teknologi satelit, pengembangan teknologi aeronautika untuk pengembangan pesawat transport dan pesawat tanpa awak (sistem pemantau maritim berbasis pesawat tanpa awak), pengembangan bank data penginderaan jauh nasional, pengembangan sistem pemantau bumi nasional, pengembangan Decision Support System dinamika atmosfer ekuator, dan pengembangan Decision Support System cuaca antariksa dan observatorium nasional.

Tujuh program utama tersebut akan dilaksanakan sampai tahun 2019. “Kita laksanakan tujuh program utama untuk menunjukkan kompetensi dan layanan kita”, tegasnya. “Semua fokus pada sistem pemantau sumber daya alam dan lingkungan berbasis iptek penerbangan dan antariksa,” jelasnya.

acara ini baru kali pertama diadakan di Pustekroket, sehingga momen tersebut dimanfaatkan oleh Pustekroket untuk memperkenalkan hasil litbang selama ini dan fasilitas yang dimiliki, dan dikemas dalam bentuk taman roket , poster hasil litbang serta jalan sehat keliliing area  Pustekroket. Taman roket yang dibuat di area depan gedung utama  memperlihatkan produk roket yang telah di buat Pustekroket LAPAN dan sudah berhasil diuji terbang seperti RX-450, RX-320, RX- 200, Rhan-200, RKX 100, dan RX200TJ. Poster dipasang di ruang lobby dan lantai dua , menggambarkan hasil2 litbang roket buatan para peneliti dan perekayasa serta teknisi Pustekroket. Bersamaan dengan kegiatan jalan sehat dilakukan pengenalan fasilatas yang ada di Pustekoket berupa laboratorium antara lain: laboratorium  struktur/fabrikasi,motor roket, kendalai dan telemetri, komposisi dasar propelan, proses propelan , uji kualitas, insulasi termal dan HTPB, piroteknik, roket cair dan ruang control uji statik  serta tes bed uji statiknya. Di Pustekroket ada  Production line dan gudang  bahan baku pembuatan bahan bakar roket . 

Dalam acara tersebut juga disi dengan berbagai macam perlombaan, dan salah satunya lomba meluncurkan roket air dengan pesertanya para  pejabat Eselon I dan II dari seluruh satker yang ada di LAPAN .


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts
Kontak kami :
Pusat Teknologi Roket

Jl. Raya Lapan No. 2 Mekarsari, Rumpin
Bogor 16350, Jawa Barat
Telp. (021) 70952065
Fax. (021) 7095206



Flag Counter
 

© 2017 | Pusat Teknologi Roket | Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional | LAPAN