Fokus Pengembangan Teknologi Roket

Berita



Tertarik Teknologi Sains dan Roket, 107 Mahasiswa Fisika UIN Jakarta Melakukan Kunjungan Ilmiah
Penulis Berita : Tim Diseminasi • Fotografer : Tim Diseminasi • 17 Oct 2017 • Dibaca : 355 x ,

Mahasiswa Fakultas MIPA jurusan fisika Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, pada tanggal 17 Oktober 2017 sebanyak 107 mahasiswa dan 1 dosen pembimbing melakukan kunjungan ke  Pusat Teknologi Roket (Pustekroket) di kawasan LAPAN-RUMPIN Bogor. Sebagai generasi muda penerus pembangun bangsa dibidang pengembangan teknologi penelitian dan kerekayasaan serta untuk menambah ilmu dan pengetahuan dibidang sains teknologi roket, mereka ingin mengetahui lebih dekat tentang penelitian yang dilakukan di  Pustekroket beserta fasilitas laboratorium.


Acara dibuka oleh Kepala Bidang Diseminasi Ir. Lilis Mariani,M.Eng mewakili Kepala Pustekroket. Beliau menyampaikan rasa terima kasih atas kunjungan tersebut, dilanjutkan  menjelaskan profil Pustekroket dan inovasi roket padat dan cair memegang peran penting dalam pengembangan teknologi roket  menuju wahana peluncur satelit/SLV (satellite launch vehicle), dan berharap mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa kelak setelah menamatkan kuliahnya untuk ikut berperan serta dalam penelitian dibidang keantariksaan.


Salah seorang peneliti LAPAN,  Soleh Fajar Junjunan,ST. MT  memaparkan  perkembangan penelitian roket padat, motor roket menggunakan  bahan bakar komposit untuk gaya dorong roket, disamping itu menjelaskan struktur roket,  peran dan fungsi masing-masing bagian pada roket yaitu nose cone, tabung muatan, cap, nosel dan sirip.  
Penelitian roket cair disampikan Taufiqurrohman,ST . Dalam penyampaiannya pengembangan roket cair, sistem propulsi roket berbahan bakar cair memiliki impuls spesifik lebih tinggi dibandingkan dengan roket berbahan bakar padat, dan gaya dorong serta waktu pembakaran dapat diatur. Roket Cair memiliki struktur yang lebih rumit dalam menghasilkan energi  untuk gaya dorong.

  
Selain mendengarkan presentasi , mahasiswa juga berkunjung ke laboratorium propelan,  sistem kendali dan telemetri. Mahasiswa melihat fasilitas peralatan  dan melakukan dialog langsung dengan para peneliti  dan teknisi di masing-masing laboratorium. Teknologi dan proses yang digunakan pembuatan bahan bakar roket padat berupa propelan itu menarik perhatian mereka ditandai dengan banyaknya peserta kunjungan yang bertanya. Di Laboratorium  sistem kendali dan telemetri, mahasiswa mendapat penjelasan mengenai roket kendali yang telah dibuat dan berhasil diluncurkan,  auto tracking system pada sistem kendali roket, dan peralatan uji thrust yang dikembangkan di Pustekroket.


Diakhir kunjungan , para mahasiswa  nampak puas dengan materi yang mereka dapat dalam kunjungan ini dan mereka termotivasi untuk lebih mengenal sains dan teknologi roket.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts
Kontak kami :
Pusat Teknologi Roket

Jl. Raya Lapan No. 2 Mekarsari, Rumpin
Bogor 16350, Jawa Barat
Telp. (021) 70952065
Fax. (021) 7095206



Flag Counter
 

© 2017 | Pusat Teknologi Roket | Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional | LAPAN