Fokus Pengembangan Teknologi Roket

Berita



Pustekroket LAPAN Hadir Di ACTION 9th Hambalang Bogor
Penulis Berita : Tim Diseminasi • Fotografer : Tim Diseminasi • 18 Feb 2017 • Dibaca : 1261 x ,

Sabtu (18/2)  dan minggu (19/2) Al-TAQWA college Indonesia mengadakan Action 9th 2017 di kampus mereka di Hambalang dan di Lippo Plaza Bogor. Action 9 th singkatan dari Al-Taqwa Competition  ke 9. Pembukaan ACTION 9th dihadiri Bapak Jabbar Zulkarnain selaku Head of Secondary Al-Taqwa college serta sekitar 350 peserta kompetisi dari 50 sekolah . Salah satu acara adalah lomba roket air yang diikuti oleh siswa SMP dari bogor dan sekitarnya, tercatat 9 SMP yang berpartisipasi dalam kompetisi kali ini.  Pustekroket LAPAN  membuka stand dalam pameran baik di kampus hambalang maupun di Lippo Plaza Bogor. Tim Diseminasi Pustekroket LAPAN ditunjuk  sebagai juri lomba roket air.


Lomba roket air dibagi 3 bagian yaitu workshop, membuat roket air dan diakhiri dengan peluncuran roket hasil buatan masing2 peserta. Workshop dimulai  dengan penyampaian petunjuk teknis lomba oleh panitia dengan koordinator Miss Vivi dan dilanjutkan workshop oleh tim Diseminasi Pustekroket Lapan. Diawali pemaparan mengenai LAPAN sebagai lembaga penelitian dibidang atmosfir dan antariksa dengan tujuan agar siswa-siswi yang hadir lebih mengenal LAPAN dan menumbuhkan minat generasi muda dibidang ke antariksaan. Selanjutnya pengenalan tentang apa itu roket , dimulai dari sejarah hingga perkembanggan saat ini. Dan roket air merupakan pemahaman sederhana tentang roket  dari bentuk, bahan penggerak dan sistem peluncurnya. Workshop diakhiri dengan forum tanya jawab.  Pada bagian 2 peserta diberi waktu 1jam 30 menit utk membuat 2 buah roket air dengan kreativitas masing2 dan mengikuti ketentuan yg berlaku pada petunjuk teknis.

Sistem penilaian dalam lomba kali ini ada 2 kategori. Kategori pertama adalah desain , kreativitas dan kebersihan saat membuat roket air. Kategori kedua meliputi peluncuran roket air yaitu roket tidak pecah/bocor saat diluncurkan serta mencapai target sasaran yang telah ditentukan. Untuk jumlah air, sudut elevasi peluncuran dan tekanan ditentukan masing2 peserta. Peserta  diberi kesempatan meluncurkan roket sebanyak 2 kali. 


Peserta lomba begitu semangat dalam membuat hingga meluncurkan roket air yang dibuatnya. Masing2 peserta terdiri 3 orang bahu membahu melakasanakan proses pengisian air, menentukan sudut elevasi , menghitung tekanan yang akan digunakan serta penekanan tuas saat roket air meluncur untuk mencapai target jarak yang telah ditentukan. 

Tim Diseminasi Pustekroket LAPAN selaku juri mengamati dan menilai dengan teliti semua proses peluncuran roket air. Dan hasil akhir tim juri menentukan  juara lomba yaitu peserta dari SMP  Nurul Fikri Banten sebagai juara pertama, juara kedua Al-Taqwa college  dan juara ketiga diraih SMP N 2 Bogor. Selamat pada para pemenang.

Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts
Kontak kami :
Pusat Teknologi Roket

Jl. Raya Lapan No. 2 Mekarsari, Rumpin
Bogor 16350, Jawa Barat
Telp. (021) 70952065
Fax. (021) 7095206



Flag Counter
 

© 2017 | Pusat Teknologi Roket | Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional | LAPAN