Fokus Pengembangan Teknologi Roket

Berita



Sosialisasi Komurindo Kombat 2017 : Menggali Minat Keantariksaan Generasi Muda
Penulis Berita : Tim Diseminasi • Fotografer : Tim Diseminasi • 07 Feb 2017 • Dibaca : 552 x ,

LAPAN memulai Kompetisi Muatan Roket Indonesia (Komurindo) – Kompetisi Muatan Balon Atmosfer (Kombat) 2017  dengan acara sosialisasi di lima universitas di Indonesia. Putaran pertama diadakan di Universitas Hasanudin Makassar pada hari selasa (07/02) , kedua di Universitas Tanjungpura Pontianak kamis(10/02). Selanjutnya yang ketiga di Universitas Sumatera Utara Medan senin(13/02), ke empat di ITB kamis(16/02) dan berakhir yang kelima di PENS selasa (21/02). Untuk tahun ini Komurindo Kombat hadir dengan kategori baru, yaitu kategori wahana sistem kendali. Untuk kategori muatan roket dan kategori muatan balon atmosfer  masih sama seperti tahun sebelumnya.

Pada masing-masing tempat acara dihadiri mahasiswa  dari berbagai perguruan tinggi yang ada di kota tersebut  dan daerah sekitarnya. Pihak kampus begitu antusias dan menyampaikan rasa  bangga kampusnya dipercaya sebagai tempat sosialisasi dan berharap akan muncul minat mahasiswa untuk ikut serta dalam kompetisi. Sebagian besar mahasiswa yg hadir dari fakultas teknik dan mipa. Mereka begitu tertarik dengan materi yang akan disampaikan pada acara sosialisai ini. 

Gambar 1. Peserta Sosialisasi Putaran ke 2 di Universitas Tamjungpura Pontianak.

Putaran pertama bertempat di Universitas Hasanudin, acara  diawali presentasi yang disampaikan Kepala Sub Bagian Edukasi Publik, Happy Rumiris mengenai perjalanan pelaksanaan Komurindo-Kombat yang telah dimulai sejak tahun 2007 hingga  tahun 2016. 

DR Arif Nurhakim sebagai peneliti dari Pusat Teknologi Roket juga ketua Juri Komurindo 2017 memaparkan sejarah peroketan didunia dan perkembangan di Indonesia serta pengetahuan mengenai  teknologi roket dilanjutkan dengan penjelasan teknis dan rulebook  Komurindo tahun ini. Pengetahuan tentang muatan roket disampaikan oleh HermaYudhi Irwanto disertai demo simulasi sistem kendali pada wahana terbang. Gamma merdianti sebagai tim dari Kombat menyampaikan rulebook kombat dan teknis pelaksanaannya. 

Demikian juga pada putaran selanjutnya peneliti-peneliti dari Pustekroket dan Pustekbang LAPAN serta Tim teknis Komurido memaparkan rulebook dan penjelasan teknis tentang Komurindo. Peneliti-peneliti PSTA LAPAN dan tim teknis Kombat mempresentasikan rulebook serta penjelasan teknis mengenai Kombat.

Gambar 2. Panitia & Pengisi Acara Sosialisasi Putaran ke 2 di Universitas Tamjungpura Pontianak.

Dalam forum tanya jawab banyak peserta yang menanyakan secara detail mengenai pembuatan proposal,  tahapan-tahapan seleksi hingga hari H, komponen-komponen muatan roket dan balon atmosfer, kreasi apa aja yang diperbolehkan dalam kompetisi, serta hadiah yg didapat jika menang. 

Di akhir putaraan tim sosialisai berterima kasih untuk antusiasme peserta dan berharap banyak peneliti dibidang keantariksaan muncul dari mahasiswa yang hadir untuk mengikuti Komurido Kombat 2017. Sampai jumpa di puncak acara pada bulan september 2017. 

Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts
Kontak kami :
Pusat Teknologi Roket

Jl. Raya Lapan No. 2 Mekarsari, Rumpin
Bogor 16350, Jawa Barat
Telp. (021) 70952065
Fax. (021) 7095206



Flag Counter
 

© 2017 | Pusat Teknologi Roket | Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional | LAPAN