Fokus Pengembangan Teknologi Roket

Berita



Uji Terbang Roket Komurindo 2017
Penulis Berita : Tim Diseminasi • Fotografer : Tim Diseminasi • 10 Aug 2017 • Dibaca : 31596 x ,

Pada hari kamis, 10 Agustus 2017 bertempat di landasan AU Pameumpeug, Kabupaten Garut dilakukan uji terbang roket komurindo sebanyak tiga unit. Uji terbang dilakukan untuk mengetahui kinerja roket yang akan digunakan untuk lomba Komurindo (Kompetisi Muatan Roket Indonesia) yang akan dilaksanakan tanggal 24 Agustus 2017.



Sebelum dilakukan assembly, roket komurindo yang akan diuji dilakukan pengecekan terebih dahulu, pengecekan dilakukan dari pengecekan timmer yang digunakan untuk melakukan sparasi apakah sudah berfungsi dengan baik atau belum. Kemudian dilakukan pemasangan parasut di dalam nosecone dan diatas motor roket. Pemasangan muatan kendali didalam nosecone roket juga dilakukan untuk mengetahui data terbang dari roket. Data-data yang dikirim melalui muatan roket akan diterima melalui antena dan kemudian ditampilkan melalui ground station.


Setelah proses assembly roket selesai kemudian dilakukan pengukuran tinggi dan berat dari roket. Pengukuran titik berat atau pusat masa (center of gravity) dilakukan untuk mengetahui titik keseimbangan dari roket tersebut. Pada saat peluncuran uji terbang roket komurindo menggunakan satu buah launcher yang ditempatkan menghadap ke laut. Tiga unit roket berhasil diluncurkan dan menghasilkan data yang baik.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts
Kontak kami :
Pusat Teknologi Roket

Jl. Raya Lapan No. 2 Mekarsari, Rumpin
Bogor 16350, Jawa Barat
Telp. (021) 70952065
Fax. (021) 7095206



Flag Counter
 

© 2019 | Pusat Teknologi Roket | Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional | LAPAN