Fokus Pengembangan Teknologi Roket

Berita



5th International Seminar on Aerospace Science and Technology (ISAST V/2017)
Penulis Berita : Tim Diseminasi • Fotografer : Tim Diseminasi • 26 Sep 2017 • Dibaca : 120 x ,



Deputi Bidang Teknologi Penerbangan dan Antariksa LAPAN  mengadakan 5 th International Seminar on Aerospace Science and Technology (ISAST V/2017) selama 3 hari sejak Rabu 26 September 2017 hingga 29 September 2017  bertempat di  Ball Room Hotel Aryaduta Medan Sumatrera Utara  dengan tema " Development of Aeronautics and Space Technology to Support Maritime Application ” Ketua panitia ISAST V 2017 Dr. Effendi Dodi Arisandi  dalam laporannya menyampaikan selamat datang bagi seluruh peserta dalam sambutannya juga disampaikan bahwa acara ini diselenggarakan LAPAN bekerja sama dengan Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Muhamadiyah Sumatera Utara (UMSU), dan Institut Teknologi Del.  Peserta seminar 187 orang terdiri dari peneliti, ilmuwan,  praktisi  dari berbagai lembaga pemerintahan dan swasta dalam dan luar negeri, dosen dan mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi di Indonesia serta beberapa siswa SMA berprestasi.Sebanyak  40  makalah yang  dipresentasikan. Ada 7 keynote  speaker yang masing-masing berasal dari Perancis, China, Jepang, dan Indonesia yang hadir dan mempresentasikan hasil penelitian mereka. Untuk ISAST ke 5 ini makalah yang  memenuhi syarat akan terindex di Scoupus akan diterbitkan melalui Institut Of Physic (IOP), dan yang tidak terindex akan diterbitan di Jurnal Ilmiah LAPAN.

  

Acara resmi dibuka  oleh Staf Ahli Gubernur Sumatera Utara Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan, H. Nouval mewakili Gubernur Sumatera Utara. Beliau menyampaikan “Selamat Datang, Welcome to North Sumatera Province”. Semoga acara seminar internasional ini tidak hanya sebatas pada sosialisasi hasil penelitian, pengembangan dan rekayasa, tetapi juga berkembang menjadi kerjasama-kerjasama pendidikan dan penelitian, sehingga kedepan, kami dilanjutkan sambutan dari Deputi Bidang Teknologi Penerbangan dan Antariksa, Dr. Rika Andriarti,  menjelaskan penyelenggaraan ISAST yang sudah berlangsung sejak 2013. Kegiatan ini sebagai ajang pertukaran informasi dan untuk mencari peluang kerja sama dengan berbagai universitas baik di dalam maupun luar negeri, serta industri strategis yang ada di Indonesia.Dengan harapan Sumatera Utara ini bisa menghasilkan peneliti-peneliti handal ditingkat Internasional.


Pelaksanaan seminar dibagi 11 sesi , dua hari pertama didahului  dengan  keynote speaker. Hari pertama seminar diawali  dengan  presentasi 3 keynote speaker,   Prof. Dr. Erna Adiningsih dari LAPAN memaparkan makalahnya dengan judul “Satellite based Remote Sensing for Lake Toba”. Prof. Dr-Ing. Nicolas Gascoin dari kedutaan Prancis membawakan makalah berjudul “SCRamjet / Hybrid-propulsion”. Prof. Yoshifumi Inatani dari JAXA, Japan mempresentasikan makalahnya  “Atmospheric Entry and Sample return From Planetary Body”. 4 sesi berikutnya  dihari pertama,  pemaparan makalah oleh peserta seminar yang mengirimkan makalah dan telah direview oleh tim reviewer ISAST V 2017 dan dinyatakan layak utk dipresentasikan.



Pada hari kedua seminar, dimulai dengan 4 keynote speaker, Dr. Ir. Rais Zain. M. Eng dari IAEC, Indonesia  memaparkan makalahnya “Aerospace Industry and Research Institute Collaboration”. Prof. Qin Shiyin dari Beihang University, China mempresentasikan makalah berjudul “Guidance Control for UAV”. I Gusti Agung Aditya Jaya, Ph.D. dari GMF, Indonesia membawakan makalah “Failure Analysis Aircraft Parts”. Dr. Himsar Ambarita dari Universitas Sumatera Utara menyampaikan makalahnya “CFD for Design” dilanjutkan 5 sesi  dan 2 sesi terakhir pada hari ketiga pelaksanaan seminar. Berbagai materi makalah yg diterima panitia seminar antara lain: aerodinamik pesawat, simulasi berbasis CFD, flight  dynamic simulation, modeling analysis, conceptual design, iterative algorithm, development of ground system, propellant, analysis of aerodynamic load, flight test ,solar cell dll. Setelah semua sesi berakhir, seminar ditutup oleh Kepala Pusat Teknologi Penerbangan Drs. Gunawan Setyo Prabowo M.T.  Dalam penutupan menyampaikan ucapan terima kasih kepada panitia dan  seluruh peserta yg telah berpartisipasi sehingga seminar berjalan lancar dan sukses, serta berharap terus berlanjut berpartisipasi pada acara ISAST VI tahun 2018 yang rencananya akan diadakan di Bandung bekerjasama dengan GMF. 


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts
Kontak kami :
Pusat Teknologi Roket

Jl. Raya Lapan No. 2 Mekarsari, Rumpin
Bogor 16350, Jawa Barat
Telp. (021) 70952065
Fax. (021) 7095206



Flag Counter
 

© 2017 | Pusat Teknologi Roket | Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional | LAPAN