Fokus Pengembangan Teknologi Roket

Berita



Kick Off Meeting Program Roket 2018
Penulis Berita : Tim Diseminasi • Fotografer : Tim Diseminasi • 01 Feb 2018 • Dibaca : 32660 x ,

Tarogong, 1 Februari 2018 bertempat di Pusat Teknologi Roket Lapan, Bogor diselenggarakan acara Kick Off Meeting Program Roket 2018. Deputi Bidang Teknologi Penerbangan dan Antariksa, Dr. Rika Ardiarti beserta seluruh pejabat dan pegawai di lingkungan pustekroket menghadiri acara ini. Kepala Pustekroket, Drs. Sutrisno, menyampaikan paparanya tentang kinerja Pustekroket Lapan sebagai pusat unggulan IPTEK dengan mewujudkan Indonesia yang maju dan mandiri, untuk itu diawal tahun ini marilah seluruh pegawai dilingkungan Pustekroket bersama-sama berkomitmen untuk berkerja dan berkarya untuk mencapai tujuan ini.

Kegiatan dilakukan dengan paparan oleh Deputi Bidang Teknologi Penerbangan dan Antariksa yang menyampaikan 4 poin penting yaitu tahun 2018 merupakan tahun yang cukup berat dimana KBPMP dan Renstra memasuki tahap ke 4 dari Renstra 2015-2019. Untuk itu perlu dilakukan evaluasi capaian yang sudah terlaksana pada saat ini. Bappenas dengan RPJMN Tenokratk akan memulai penyusunan dan pembahasan renstra 2020-2024 pada pertengahan februari tahun 2018 ini, untuk itu para peneliti dan perekayasa diharapkan menyusun kegiatan untuk tahun 2019. Sehingga VISI & MISI bisa tercapai.

Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) untuk tahun 2018 harus sudah dipersiapkan pada pertengahan februari 2018 dan akan di jadikan bahan evaluasi pertriwulan. Pakta integritas merupakan bagian dari reforrmasi birokrasi untuk mencapai pembangunan zona integritas menuju WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani).

Pusat Teknologi Roket pada tahun 2018 mempunyai tugas yaitu diusulkan sebagai Pusat Unggulan IPTEK (PUI). Pengelolaan Jurnal Teknologi Dirgantara dikembalikan ke sakter teknis atau kedeputian. Diharapkan para peneliti dan perekayasa memprioritaskan jurnal hasil penelitian untuk dupublikasikan di jurnal Teknologi Dirgantara. Acara dilanjutkan dengan penyampaian paparan program teknologi roket oleh Kepala Pustekroket. Semua peneliti dan Perekayasa harus  bersama-sama bekerja mewujudkan Visi dan Misi yaitu Pusat Unggulan di bidang teknologi roket untuk memujudkan Indonesia maju dan mandiri.

Capaian yang telah dilakukan Pustekroket antara lain adalah roket RX 550 telah dilakukann 3 kali uji statik, roket RX 450 diakukan empat kali uji terbang, roket RX 320 telah dilakukan uji terbang dengan jangkauan 68 km, dan RX 1220 telah digunakan pengujian untuk konsorsium roket nasional. Sedangkan roket cair sudah mencapat tahapan uji statik dengan engine 1000 kg. Untuk roket kendali menggunakan system kendali dengan platform low speed mencapai kecepatan maksimum 250 km/jam . Roket-roket lainnya adalah roket komurindo, roket petir dan roket TMC.

Untuk kegiatan Pustekroket tahun 2018 adalah bangun RX 1220 case bonded, RX 320, RX 450 Roket Komurindo, RX 200, RCX 1000, RX 550, Roket TMC dan Roket Petir. Penelitian di semua bidang penelitian terkait roket akan dihasilkan Keluaran berupa prototype, dokumen teknis, program dokumen, publkasi ilmiah, paten, laporan kegiatan non teknis, laporan peralatan atau fasilitas atau infrastruktur.

Untuk menunjang kegiatan litbang maka dibuat SK kerekayasaan untuk panduan para peneliti dan perekayasa dalam bekerja dan membuat laporan hasil kerja. Acara diakhiri dengan pembacaan dan penandatanganan Pakta Integritas oleh Kepala Pustekroket yang didampingi oleh Deputi Bidang Teknologi Dirgantara dan dilanjutkan oleh penandatanganan Pakta Integritas oleh seluruh PNS Pustekroket.

 


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts
Kontak kami :
Pusat Teknologi Roket

Jl. Raya Lapan No. 2 Mekarsari, Rumpin
Bogor 16350, Jawa Barat
Telp. (021) 70952065
Fax. (021) 7095206



Flag Counter
 

© 2019 | Pusat Teknologi Roket | Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional | LAPAN