Fokus Pengembangan Teknologi Roket

Berita



Kunjungan Guru MTsN 24 Jakarta
Penulis Berita : Tim Diseminasi • Fotografer : Tim Diseminasi • 01 Jan 2018 • Dibaca : 33248 x ,


Pustekroket LAPAN pada tanggal 20 Desember  2017 menerima kunjungan Wakil Kepala Sekolah MTsN 24 Jakarta bidang kurikulum, Ibu Esti Kusyati beserta staf yaitu guru-guru dibidang Ipa dan lain-lain ,bertujuan ingin menambah wawasan teknologi bidang peroketan dan praktek membuat roket air hingga meluncurkannya. Kepala Bidang Diseminasi, Ir lilis Mariani, M. Eng menerima kunjungan tersebut dan mengawalinya dengan memperkenalkan  tentang litbang di Pusat Teknologi Roket, dan berharap semoga kunjungan ini berkesan serta menambah ilmu dan wawasan para guru serta selanjutnya bisa disampaikan kepada siswa-siswi disekolah untuk memotivasi mereka belajar  tentang teknologi antariksa khususnya peroketan. Ucapan terima kasih disampaikan oleh wakil kepala MTsN 24 Jakarta yang telah diberikan kesempatan untuk berkunjung dan menimba ilmu tentang peroketan.

Disesi berikutnya peserta kunjungan melihat  video kegiatan Litbang dan  uji terbang roket hasil litbang Pustekroket, dilanjutkan dengan presentasi oleh Kabid Diseminasi tentang pengelanan roket, komponen yang terdapat di roket, teori dan rumus-rumus serta prinsip kerjanya hingga bisa diterbangkan. Pustekroket mengembangkan roket padat yaitu roket berbahan bakar padat, roken berbahan bakar cair serta roket kendali.  Disela-sela presentasi ada beberapa pertanyaan dari bapak ibu guru peserta kunjungan, mengenai hulu ledak, perbedaan bahan bakar padat roket dan bahan bakar roket cair, perbedaan roket dan pesawat terbang, dan penggunaan roket untuk senjata. Bu Lilis menjelaskan bahwa hulu ledak buatan Pustekroket ledakannya sampai radius 150 meter, roket berbahan bakar padat menggunakan ammonium perklorat ditambah beberapa bahan kimia lainnya, sedangkan roket cair menggunakan bahan bakar mengandung hydrogen. Roket padat bisa digunakan sebagai senjata karena sifatnya yg lebih stabil saat terbang.

Dijelaskan juga bahwa roket air adalah bentuk roket yang paling sederhana dan mudah dipelajari . Selesai presentasi dan diskusi, acara selanjutnya praktek membuat roket air dan dilanjutkan dengan meluncurkan hasil praktek tersebut. Dengan dibimbing tim bidang Diseminasi, Bapak2 dan ibu2 Guru begitu antusias dalam membuat roket air dan saat diluncurkan mereka bisa melihat dan membandingkan hasil karya masing-masing  baik dari segi jarak jangkau terbang, pengaruh jumlah air, tekanan dan bentuk sirip pada roket air.

Di akhir kunjungan, mereka terlihat sangat antusias dan berterima kasih mendapat ilmu dan wawasan tentang  teknologi roket dan berharap disuatu saat nanti berkunjung kembali bersama anak didiknya untuk bisa belajar tentang roket air serta menambah pengetahuan mengenai penerbangan dan antariksa khususnya peroketan.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts
Kontak kami :
Pusat Teknologi Roket

Jl. Raya Lapan No. 2 Mekarsari, Rumpin
Bogor 16350, Jawa Barat
Telp. (021) 70952065
Fax. (021) 7095206



Flag Counter
 

© 2019 | Pusat Teknologi Roket | Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional | LAPAN