Fokus Pengembangan Teknologi Roket

Berita



Keterbukaan Informasi Publik, Fokus Bimbingan Teknis PPID
Penulis Berita : Tim Diseminasi • Fotografer : Tim Diseminasi • 22 Feb 2018 • Dibaca : 529 x ,

 

LAPAN menyelenggarakan sosialisasi/bimtek pengelolaan PPID dan program kerja 2018 bertempat di  kantor Lapan Bandung selama dua hari (22/2 s.d 23/2) diikuti oleh 60 peserta terdiri dari PPID utama dan PPID pelaksana dari seluruh satker , serta  menghadirkan narasumber Komisioner dan tenaga ahli dari Komisi Informasi Pusat (KIP) dan dari Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo). Dalam sambutannya, Kepala LAPAN, Thomas Djamaluddin memberi pengarahan bahwa dalam Undang Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi public dan   LAPAN sebagai pusat unggulan yaitu unggul dari segi kompetensi dan unggul dari segi layanan, juga dalam mewujudkan reformasi Birokrasi yaitu mengubah pola pikir dan budaya kerja  di LAPAN, beliau menekankan Satu layanan LAPAN yang terstruktur dan terukur. Jadi semua unit kerja wajib memberi layanan informasi  selain  informasi yang dikecualikan. .

Tahun 2017  LAPAN menjadi Juara 2 Keterbukaan informasi publik antar kementrian dan lembaga negara. Kepala LAPAN mengapresiasi serta berharap tahun 2018 ini seluruh perangkat  PPID LAPAN  harus terus belajar supaya bisa memberikan  informasi yang dimiliki LAPAN secara jelas dan akurat agar bermanfaat untuk masyarakat  sehingga  dapat mempertahankan  atau mengalami peningkatan prestasi.

Acara selanjutnya paparan dari Komesioner Komisi Informasi Pusat, Hendra K Jede mengenai Penguatan PPID di lingkungan LAPAN. Dimulai dengan Human right atau hak asasi manusia , sejarah dan perkembangannya hingga keterbukan informasi public di Indonesia.. Human right diawali dengan The  Universal Declaration of Human Rights (DUHAM) 10 desember 1948 : informasi berupa Maximum Exception limited Acces (MELA) atau informasi yang serba tertutup dan sulit untuk didapat . Setelah disyahkannya Undang undang no 14 tahun 2008 maka infornasi publik menjadi Maximum Acces l,imited Exception (MALE) yaitu infomasi yang terbuka  dan mudah didapat . Berdasar UU KIP pasal 4 dan LAPAN sebagai Badan Publik wajib terbuka dalam informasi berdasar DIP.

 

Nara sumber tenaga ahli dari KIP, Tya  Tirtasari mempresentasikan Metode & Teknik serat Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik. Diawali  definisi informasi public berdasar  UU KIP. Kewajiban Bandan public dalam menyediakan informasi public yang benar, akurat dan tidak menyesatkan yaitu : menunjuk PPID, membuat DIP,SOP pelayanan informasi, mengembangkan sistem  informasi , ada meja layanan informasi. Jenis informasi dalam UU KIP terbagi dalam jenis berkala, serta merta , setiap saat dan dikecualikan. Khusus untuk informasi dikecualikan yaitu informasi publik yang sifatnya rahasia dan tidak dapat diakses oleh publik sesuai dengan kriteria yang diatur dalam pasal 17 UU KIP. dalam informasi terkadang ada sengketa informasi sehingga   perlu dibuat alur penyelesaian sengketa informasi.Sebagai narasumber terakhir , Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kemkominfo. Soekartono memaparkan Optimalisasi Pelayanan Informasi dan Laporan. Optimalisasi antara lain denga tata kelola informasi public denga skema sebagai berikut.

Kabag Humas , Jasyanto menyampaikan rencana program kerja 2018. Dimulai dengan Berita acara  Evaluasi uji konsekuensi untuk informasi yang dikecualikan dan berita acara evaluasi untuk informasi yang tersedia maka disusun rencana kerja PPID 2018 baik tingkat pusat maupun pelaksana. Diharapkan dalam 2018 ini semua terlibat maksimal dalam pelayanan informasi dan tercapainya visi dan misi PPID  LAPAN .


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts
Kontak kami :
Pusat Teknologi Roket

Jl. Raya Lapan No. 2 Mekarsari, Rumpin
Bogor 16350, Jawa Barat
Telp. (021) 70952065
Fax. (021) 7095206



Flag Counter
 

© 2017 | Pusat Teknologi Roket | Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional | LAPAN