Fokus Pengembangan Teknologi Roket

Berita



FGD Evaluasi Kegiatan Kerjasama Pengembangan Roket R-HAN 122B
Penulis Berita : Tim Diseminasi • Fotografer : Tim Diseminasi • 26 Feb 2018 • Dibaca : 768 x ,

 

Untuk mengevaluasi kegiatan R-Han 122B yang telah berlangsung di tahun 2017 pada tanggal 26 Februari 2018 diadakan Forum Group Discussion (FGD) yang dilaksanakan di Hotel Grand Zuri BSD. Acara ini dihadiri oleh anggota konsorsium Program Pengembangan R-Han 122b yakni LAPAN, PT. DAHANA, PT. PINDAD, dan PT DI. Dalam FGD ini dilakukan pemaparan baik kegiatan yang sudah berlangsung dan rencana kegiatan maupun penyesuaian dari kegiatan yang sudah berlangsung. Acara ini dilakukan selama satu hari dan dihadiri oleh seluruh perwakilan dari anggota konsorsium.

 

 

Pemaparan pertama dilakukan oleh ketua panitia FGD yakni ibu Lilis Mariani, M. Eng, Beliau memaparkan evaluasi kegiatan konsorsium R-Han 122B secara umum. Pemaparan kedua dilakukan oleh Kepala Pusat Teknologi Roket, beliau kembali memaparkan bahwa konsursium nasional termasuk program nasional dibawah pertahanan keamanan menjadi aset nasional, dan seluruh anggota konsorsium terlibat langung dan mempunyai peranan yang sama penting dalam program konsorsium ini. Pembahasan kedua dari Kepala Pusat Teknologi Roket adalah efisiensi nasional dengan tidak ada double anggaran, sehingga harus dipertanggung jawabkan baik hasil litbangyasa dan administrasi nya, dan harus menjadi perhatian juga adalah komponen biaya dari mana asalnya sesuai dengan yang ada dalam dokumen kerjasama. Menurut instruksi dari kepala lapan bahwa anggaran sebagian besar digunakan adalah aggaran dari kemhan. Untuk hasil yang dipertanggung jawabkan kepada negara adalah hasil produk dan administrasi namun untuk masyarakat adalah hanya hasil nyata dari produk.

Pemaparan ketiga masih dari pihak LAPAN yakni Deputi Teknologi Penerbangan dan Antariksa, ibu Deputi mengharapkan pertemuan menjadi evaluasi bersama dari permasalahan yang ada dan dapat di ambil cara penangannya. Konsorsium ini merupakan program proyek priorotas nasinal di bidang pertahanan oleh karena itu anngaran yang digunakan adalah anggaran kemhan dan LAPAN sebagai pendukung dalam pembangunan nasional. Namun dengan anggaran yang terbatas LAPAN akan tetap berkomitmen dalam pengoptimalkan pengguanaan anggaran untuk pembangunan nasional. Dan LAPAN tidak boleh menggunakan anggaran untuk kegiatan ini. LAPAN dalam program roket ini adalah sebagai komitmen untuk melakukan bentuk layanan utama, yang kedua IKU LAPAN adalah roket yang dimanfaatkan. Program ini bukan program titipan tapi merupakan program LAPAN juga yang harus disukseskan sesuai dengan layanan dan IKU LAPAN. Baik ada anggaran dai KEMHAN atau tidak program RHAN ini harus tetap jalan. Karena program ini tidak boleh dikendalikan oleh pihak lain melainkan harus menjadi program utama LAPAN (Pustekroket) tahun ini production line. LAPAN juga harus mendukung program ristekdikti untuk hilirisasi produksi. Karena untuk roket sudah tinggal melanjutkan kerjasama dengan industri yang sudah ada saat ini dengan aturan yang jelas tentang hak cipta. Selain itu RHAN juga adalah salah satu kegiatan pendukung sebagai PUI. IKU tahun ini adalah RHAN 122B dan RHAN 450. Kembali menegaskan audit yang dilakukan BPK baik hasil yang dibuat atau pun administrasi terutama hal double anggaran. Dan kontrak harus dipersiapkan secara matang dan bersih.

Pemaparan keempat dilakukan oleh Bapak Yusep Nugroho dari PT. Dahana Persero, beliau menjelaskan bahwa berdasarkan proyek RHAN 122b saat ini yang dilakukan oleh POTHAN, saat ini sedang  tahap sertifikasi. Harapan PT DAHANA adalah penyelesaian program R-HAN 122B karena masih ada anggaran dan kegiatan yang harus diselesikan dan dipertanggung jawabkan, PT DAHANA siap mendukung laporan laporan dan dokumen dalam pelaksanaan audit yang dilakukan oleh BPK. R-HAN 122B dalam perkembangan yang sedang berlangsung perlu banyak perbaikan dan didukung penuh oleh POTHAN, oleh karena itu harus dimanfaatkan kepercayaan yang diberikan dalam pengembangan R-HAN 122B  dan diharapkan dalam sertifikasi ini standarisasi dapat memenuhi standar industri untuk memenuhi kebutuhan program pertahanan. Intinya tetap akan komitmen untuk pengembangan dengan pemanfaatan anggaran yang baik dan hasilnya sesuai dengan standarisasi industri, dan diharapkan koordinasi konsorsium menghasilkan produk yang sesuai dengan harapan dan berjalan beriringan.

Pemaparan kelima kembali dari pihak LAPAN yakni dari bidang Pusat Inovasi dan Standar Penerbangan dan Antariksa yang disampaikan oleh ibu Ir. Yuliantini Erowati, M.Si. Beliau menjelaskan tentang tugas dan apa itu bidang Pusispan yang merupakan bidang baru di LAPAN, Pusispan dibentuk untuk mendukung terciptanya hilirisasi produk dari LAPAN dan Pusispan menjadi mediator dan supervisi yang letaknya ada ditengah antara Satuan Kerja dan mitra kerja.

Pemaparan keenam disajikan oleh Kepala Program R-HAN 122B tahun 2017, beliau memaparkan laporan kegiatan R-HAN 122B yang telah dilakukan pada tahun 2017 secara detail apa yang telah dilakukan dan hal – hal apa saja yang sudah sesuai dengan target dan hambatan serta masalah apa saja yang terjadi pada program R-HAN 122B di tahun 2017, serta mendiskusikan dengan konsorsium agar program R-HAN 122B ini dapat sesuai dengan apa yang menjadi tujuannya.

Tiga pemaparan selanjutnya adalah dari para Group Leader kegiatan teknis, untuk Motor Roket dipaparkan oleh Ahmad Jamaludin Fitroh, Propelan disajikan Yudha Budiman dan Uji statik dipresentasikan oleh Hudoro. Para Group Leader memaparkan seluruh kegiatan teknis yang dilakukan untuk Program R-HAN 122B, dalam kesempatan ini para Group Leader juga menyampaikan hasil capaian dan hambatan yang terjadi selama tahun 2017. Pada akhir Presentasi dilakukan diskusi dengan konsorsium mengenai hambatan yang terjadi dan dicari solusi bersama untuk menyelesaikan hambatan tersebut.

Pemaparan terakhir kembali dilakukan oleh Ibu Lilis Mariani, M.eng perihal laporan administrasi dari Program R-hAN 122B tahun 2017 sekaligus menutup FGD.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts
Kontak kami :
Pusat Teknologi Roket

Jl. Raya Lapan No. 2 Mekarsari, Rumpin
Bogor 16350, Jawa Barat
Telp. (021) 70952065
Fax. (021) 7095206



Flag Counter
 

© 2017 | Pusat Teknologi Roket | Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional | LAPAN