Fokus Pengembangan Teknologi Roket

Berita



Kunjungan Mahasiswa Universitas Lampung
Penulis Berita : Tim Diseminasi • Fotografer : Tim Diseminasi • 01 Nov 2018 • Dibaca : 2601 x ,


Mahasiswa Fakultas MIPA jurusan fisika Universitas Lampung (UNILA), pada tanggal 1 November 2018 berkunjung ke  Pusat Teknologi Roket LAPAN. Kunjungan Ilmiah ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami aplikasi-aplikasi ilmu fisika dan terciptanya pola pikir sains yang sesuai tantangan global. Sebagai generasi penerus bangsa mereka ingin mengetahui lebih dekat tentang penelitian yang dilakukan di  Pusat Teknologi Roket LAPAN beserta fasilitas laboratorium.

Kunjungan tersebut di sambut oleh Kepala Bagian Administrasi Bapak Ir. Saeri, M.Si. Dalam sambutannya beliau menyampaikan ucapan terimakasih karena ini yang pertama kali Universitas Lampung datang berkunjung ke Pusat Teknologi Roket. Acara pertama presentasi dari Dra. Wigati, M.T tentang penelitian dan hasil litbangyasa roket yang telah dikembangkan Pustekroket dan dilanjutkan presentasi dari salah seorang peneliti Pusat Teknologi Roket LAPAN,  Taufiqurrohman,S.T  memaparkan roket secara umum, seperti roket menggunakan  bahan bakar padat dan cair, komponen struktur roket,  peran dan fungsi masing-masing bagian pada roket yaitu nosecone, tabung muatan, cap, nosel dan sirip.

Kunjungan di akhiri dengan tour mengelilingi laboratorium-laboratorium yang ada di lingkungan Pusat Teknologi Roket, walaupun tidak semua lab dapat dikunjungi karena keterbatasan waktu antara lain laboratorium sistem kendali dan telemetri, Lab Uji Statik dan Testbed. Di Laboratorium  sistem kendali dan telemetri, mahasiswa mendapat penjelasan mengenai roket kendali yang telah dibuat dan berhasil diluncurkan,  auto tracking system pada sistem kendali roket, dan peralatan uji thrust yang dikembangkan di Pustekroket.
Para mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk dapat diskusi secara langsung dengan para peneliti/perekayasa ke laboratorium yang dikunjungi, terlihat sekali antusias dari para mahasiswa di sepanjang kegiatan kunjungan tersebut. Para Mahasiswa  menerima banyak sekali informasi mengenai teknologi roket yang telah dikembangkan Pusat Teknologi Roket.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts
Kontak kami :
Pusat Teknologi Roket

Jl. Raya Lapan No. 2 Mekarsari, Rumpin
Bogor 16350, Jawa Barat
Telp. (021) 70952065
Fax. (021) 7095206



Flag Counter
 

© 2017 | Pusat Teknologi Roket | Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional | LAPAN