Fokus Pengembangan Teknologi Roket

Berita



Kunjungan Pemangku Adat Amfoang: “Kebutuhan Roket Mendesak”
Penulis Berita : egi • Fotografer : egi • 09 Jul 2019 • Dibaca : 145 x ,

Rumpin – Pusat Teknologi Roket (Pustekroket) LAPAN menerima kunjungan Lembaga Pemangku Adat (LPA) Amfoang, Nusa Tenggara Timur. Kunjungan kali ini adalah bentuk apresiasi atas dukungan penuh mereka dalam pembangunan Observatorium Nasional serta “Taman Nasional Langit Gelap” di Amfoang, Kabupaten Kupang.

Dalam lawatan kali ini perwakilan masyarakat adat Amfoang mendapatkan penjelasan tentang perkembangan teknologi roket Indonesia hingga rencana jangka panjang penelitian dan pengembangannya. Penjelasan ini disampaikan secara langsung oleh Kepala Pustekroket, Sutrisno. Dalam penjelasannya, Sutrisno menekankan pentingnya teknologi roket bagi kehidupan masyarakat saat ini.

“Teknologi roket jangan hanya dianggap sebagai alat pertahanan suatu negara. Lebih dari itu, roket memiliki kemampuan untuk membawa muatan seperti satelit menuju luar angkasa. Satelit telekomunikasi saat ini berfungsi bagi ketersediaan jaringan di HP bapak-bapak semua. Kalau tidak ada roket yang menerbangkan satelit, bagaimana mau ada sinyal HP,” ujar Sutrisno.

Para tamu yang hadir pada saat itu begitu antusias mendengarkan penjelasan tentang teknologi roket LAPAN. Interaksi kemudian terjadi antara masyarakat adat dengan Kapustekroket. Salah satu yang menjadi sorotan mereka adalah perihal kendala dalam penelitian dan pengembangan roket di LAPAN. Mengingat kebutuhan yang mendesak terhadap roket ini, mereka berharap agar LAPAN segera memiliki roket pengorbit satelit sendiri.

“Kalau kami lihat, kebutuhan untuk roket ini sangat mendesak. Kami rasa perlu untuk tahu kendala-kendala dalam pengemembangan roket agar segera bisa meluncurkan satelit. Juga sebagai alat pertahanan agar negara lain tidak semena-mena dan segan kepada bangsa Indonesia,” Chris Kameo, Sekjen LPA, menjelaskan.

Pustekroket terus berupaya untuk mandiri dalam pengembangan teknologi roket. Melalui penelitian dan pengembangan yang dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan, Pustekroket mencoba untuk mencapai hasil yang sudah ditetapkan dalam rencana strategis 2040 yaitu peluncuran roket pengorbit satelit. Supaya nantinya dapat dinikmati oleh seluruh bangsa Indonesia.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts
Kontak kami :
Pusat Teknologi Roket

Jl. Raya Lapan No. 2 Mekarsari, Rumpin
Bogor 16350, Jawa Barat
Telp. (021) 70952065
Fax. (021) 7095206



Flag Counter
 

© 2017 | Pusat Teknologi Roket | Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional | LAPAN