Fokus Pengembangan Teknologi Roket

Berita



Seminar Aktualisasi CPNS 2019 di Pusat Teknologi Roket
Penulis Berita : Tim Diseminasi • Fotografer : Tim Diseminasi • 21 Jun 2019 • Dibaca : 32262 x ,

Rumpin, Jum’at 21 Juni 2019 diselenggarakan seminar Aktualisasi CPNS Pusat Teknologi Roket diruang Prima Lantai 2 Gedung Terpadu Pustekroket. Aktualisasi CPNS ini merupakan pelatihan yang mengintegrasikan dua kompetensi inti. Pertama, kompetensi yang berkaitan dengan nilai-nilai dasar CPNS yang menyangkut akuntabilitas, nasionalisme, etika publik, komitmen mutu, dan anti korupsi. Kedua, kompetensi bidang, yang terdiri dari tugas-tugas pokok Pegawai Negeri Sipil.

Ada  15 CPNS Pustekroket dari 16 CPNS yang melakukan presentasi diantaranya adalah Ido Gabe Tambunan, Nadia Rizki, Nurul Fahrizatul, Hamonangan Sitompul, Faisa Lailiyul, M. Rifai, M. Muria, Cahaya Putri, Zaki Ashidiqi, Ichsan Dwi Prasetyo, M. Hasanudin Bisri, Eggi Reza Putra, Ria Yuliana, M. Fauzan dan Ignatius Khrisna. Mereka dibimbing oleh mentor dari para senior di Pustekroket yaitu Ir. Lilis Mariani M.Eng, Dr. Heru Supriyatno, Dr. Bagus Jihad, Dr. Arif Nur Hakim, Ir. Saeri MT dan Larasmoyo ST M.Des.

Para CPNS mengerjakan proyek masing–masing secara individu dengan dibantu oleh mentor yang sudah ditentukan. Mereka mengerjakan proyek dari hal teknis sampai membuat sistem dan aplikasi. Hal teknis dan sistem yang mereka kerjakan harus berkaitan sesuai dengan penempatannya. Beberapa proyek yang mereka kerjakan antara lain : Sistem Pelaksanaan SOP Pengujian Roket Cair, Desain dudukan atau holder untuk terowongan angin, Rangkaian elektronika dan antarmuka 3 axis object holder pada terowongan angin, Usulan draf penanganan kerosene dan asam nitrat pada proses uji statik enjin roket cair, Komunikasi data muatan roket melalui penggunaan pemrosesberkecepatan tinggi FPGA, Usulan pembuatan pedoman internal unit kerja, Usulan SOP penjadwalan kalibrasi alat ukur, Penerapan 5S (seiri, seiton, seiso, seiketsu, shitsuke), Prosedur peminjaman alat di bengkel manufaktur struktur Pustekroket, Penerapan aplikasi notifikasi Trillo dan petunjuk perawatan mesin dan utilitas laboratorium, Sistem Informasi Komponen Laboratorium Roket Cair (SIMASKURIR), Modul publikasi teknologi roket yang informatif dan menarik bagi siswa TK dan SD. Modul dan animasi roket air sebagai sarana edukasi teknologi roket, Draf SOP pengembangan pegawai di lingkungan Pustekroket (sumber eksternal), Optimalisasi kerangka acuan kerja untuk penyerapan  anggaran pustekroket.

Beberapa masukan dari pembimbing yang mengikuti Seminar Latsar CPNS Pustekroket antara lain: Kapustekroket Drs. Sutrisno M.Si menekankan tujuan dan hasil tulisan harus terkait. Jangan me”negatif”kan sesuatu yang sebenarnya sudah dilakukan walaupun belum optimal, Dr. Arif Nur Hakim menyarankan penjelasan dilakukan dengan Bahasa yang mudah untuk orang umum, Dr. Heru Supriyatna menyarankan ditekankan landasan mengambil tema tersebut dan jangan terlalu teknis, Ir. Lilis Mariani M.Eng mengingatkan setiap aplikasi yang dibuat segera dilaporkan ke Pustikpan untuk didata.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts
Kontak kami :
Pusat Teknologi Roket

Jl. Raya Lapan No. 2 Mekarsari, Rumpin
Bogor 16350, Jawa Barat
Telp. (021) 70952065
Fax. (021) 7095206



Flag Counter
 

© 2019 | Pusat Teknologi Roket | Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional | LAPAN