Fokus Pengembangan Teknologi Roket

Berita



Putekroket LAPAN Ditetapkan sebagai Pusat Unggulan IPTEK
Penulis Berita : Eggi • Fotografer : Tim Diseminasi • 02 Dec 2019 • Dibaca : 571 x ,

Jakarta – Pusat Teknologi Roket (Pustekroket) Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) ditetapkan menjadi Pusat Unggulan IPTEK (PUI). Deklarasi penetapan ini disampaikan pada acara Apresiasi Lembaga Litbang 2019 (2/12) oleh Menteri Riset dan Teknologi / Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek / BRIN), Bambang Brodjonegoro.Acara ini digelar di Auditorium B.J. Habibie, Gedung BPPT, Jakarta.

Dalam kesempatan tersebut Bambang menyampaikan beberapa pesan kepada lembaga litbang yang ditetapkan sebagai PUI. Dia meminta lembaga litbang agar tidak cepat puas atas hasil kinerja saat ini. Tidak cukup berada dalam PUI yang bertaraf nasional, lembaga litbang harus naik kelas agar mampu bersaing di level internasional.

"Untuk Pusat Unggulan IPTEK mereka harus naik kelas menjadi science techno park. Mereka harus makin giat melakukan inovasi dan tentu melahirkan produk yang meningkatkan daya saing. Masih banyak lagi yang bisa dikembangkan, tapi kita juga ingin yang sudah PUI ini naik kelas terus dan menjaga kualitasnyaagar bisa bersaing pada taraf internasional" jelas Bambang.

Deklarasi PUI 2019 adalah wujud apresiasi terhadap lembaga litbang yang layak untuk ditetapkan sebagai Pusat Unggulan Iptek (PUI). Penilaian kelayakan penetapan PUI didasarkan dari hasil penilaian terhadap lembaga litbang, baik melalui proses pembinaan maupun proses evaluasi kinerja lembaga PUI Tahun 2019.

Pada tahun ini jumlah lembaga litbang yang ditetapkan menjadi Pusat Unggulan Iptek sebanyak 18 (delapan belas) lembaga. Termasuk satu diantaranya Pustekroket yang merupakan lembaga litbang dengan produk keluarannya adalah roket.

Hadir untuk menerima penghargaan, Lilis Mariani, selaku Kepala Bidang Diseminasi Pustekroket. Dalam kesempatan tersebut dia menyampaikan apresiasi atas kerja keras seluruh pegawai Pustekroket yang terlibat dalam upaya penetapan Pustekroket menjadi PUI di tahun 2019 ini.

“Saya mewakili para pejabat menyampaikan terima kasih atas kontribusi seluruh pegawai Pustekroket. Meski demikian tugas kita belum selesai. Sebagai PUI kita harus terus meningkatkan mutu dan kualitas hasil litbang serta layanan kepada seluruh masyarakat.” ujar Lilis.

Saat ini sudah ada sekitar 130 lembaga litbang yang berstatus PUI. Pustekroket, salah satunya, mengemban tanggung jawab untuk terus menjadi lembaga litbangyang berkinerja unggul, inovatif dan berdayasaing. Agar kemandirian bangsa dalam hal ilmu pengetahuan dapat terwujud.

LAPAN Unggul Indonesia Maju, LAPAN Melayani Indonesia Mandiri


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts
Kontak kami :
Pusat Teknologi Roket

Jl. Raya Lapan No. 2 Mekarsari, Rumpin
Bogor 16350, Jawa Barat
Telp. (021) 70952065
Fax. (021) 7095206



Flag Counter
 

© 2017 | Pusat Teknologi Roket | Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional | LAPAN