Fokus Pengembangan Teknologi Roket

Berita



Pustekroket Kedatangan ‘Emak-emak’ Komplek
Penulis Berita : Eggi • Fotografer : Tim Diseminasi • 14 Jan 2020 • Dibaca : 2353 x ,

Bercanda? Tentu tidak. Nyatanya, Pusat Teknologi Roket memang kedatangan ‘emak-emak’ Perumahan serpong Garden Cisauk, Tangerang. Mereka datang dengan membawa serta anak-anak dengan rentang usia 3-10 tahun. Kedatangan mereka semua dalam rangka kunjungan edukasi untuk belajar banyak tentang teknologi roket Indonesia.

Tidak hanya anak-anak yang merupakan siswa PAUD hingga SD, melainkan juga para orang tua sangat antusias dalam menerima materi pengenalan teknologi roket yang disampaikan oleh Humas Pustekroket, Ignatius Eggi Reza Putra, S.I.Kom. dalam pemaparannya Eggi menjelaskan mulai dari sejarah hingga manfaat roket bagi kehidupan manusia.

Melalui penjelasan tersebut mereka dibuat kagum dengan kemampuan Indonesia dalam menciptakan roket sendiri. Sebelumnya mereka tidak pernah menyangka bahwa Indonesia mampu membuat roket secara mandiri dan bukan membeli dari negara lain. Melalui kunjungan ini wawasan mereka semakin terbuka dan timbul kebanggan terhadap bangsa Indonesia.

Tidak hanya itu, mereka juga dikenalkan profesi-profesi yang ada di Pustekroket. Seperti diantaranya peneliti, perekayasa, humas, arsiparis hingga pustakawan. Masing-masing dijelaskan fungsi dan tugasnya bagi kemajuan roket Indonesia. Penjelasan ini disampaikan oleh Mayang yang adalah Pustakawan Pustekroket.

Puas mendapatkan penjelasan, anak-anak dan orang tua kemudian diajak terlibat aktif mengenal roket. Caranya yang pertama adalah dengan membuat miniatur roket dari pappercraft. Para orang tua dan anak-anak saling berkolaborasi untuk membuat roket yang terbaik. Hasilnya roket yang mereka buat sesuai dengan contoh yang diberikan. Keren!

Terakhir, mereka semua diajak untuk ikut menerbangkan roket air. Peluncuran ini sekaligus sebagai ajang perkenalan kepada mereka tentang cara kerja roket. Ya, memang roket air punya prinsip kerja yang sesuai dengan kerja roket sungguhan, sehingga dengan menerbangkan bersama-sama mereka semakin tahu bagaimana roket itu bekerja.

Harapannya semoga generasi muda penerus bangsa ini dapat meneruskan tongkat estafet penelitian dan pengembangan teknologi roket di Indonesia dengan orang tua sebagai pendamping mereka.

LAPAN Unggul Indonesia Maju, LAPAN Melayani Indonesia Mandiri, Berinovasi – Berkolaborasi

#BanggaRoketIndonesia


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts
Kontak kami :
Pusat Teknologi Roket

Jl. Raya Lapan No. 2 Mekarsari, Rumpin
Bogor 16350, Jawa Barat
Telp. (021) 70952065
Fax. (021) 7095206



Flag Counter
 

© 2019 | Pusat Teknologi Roket | Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional | LAPAN