Fokus Pengembangan Teknologi Roket

Berita



Menristek Tinjau Infrastruktur Pustekroket LAPAN
Penulis Berita : Eggi • Fotografer : Eggi • 21 Feb 2020 • Dibaca : 1494 x ,

Menteri Ristek / Kepala BRIN, Bambang Brodjonegoro, melakukan kunjungan kerja ke Pusat Teknologi Roket, Jumat (21/2). Dia menyambangi tempat penelitian dan pengembangan roket ini dalam rangka pemantauan kesiapan mewujudkan prioritas riset nasional. Dalam kunjungan yang singkat itu, Bambang sempat menerima penjelasan dari Kepala Pustekroket serta mengunjungi beberapa laboratorium dan melihat fasilitas penunjang lainnya.

Kepala LAPAN, Thomas Djamaluddin, yang turut mendampingi kunjungan tersebut juga menjelaskan hasil litbangyasa yang selama ini telah dihasilkan oleh Pustekroket LAPAN. Disela-sela kunjungan tersebut dia meminta dukungan menteri untuk tercapainya program Roket Peluncur Satelit (RPS). Dia juga menjelaskan bawha saat ini telah terjalin kerja sama luar negeri untuk roket bertingkat yang merupakan tahap awal RPS.

“Teknologi roket tidak seleluasa teknologi penerbangan maupun satelit. Namun saat ini kami berhasil menjalin kerja sama luar negeri untuk roket bertingkat. Harapannya ini akan berlanjut sampai dengan RPS. Juga kerja sama untuk pembangunan Bandar Antariksa di Biak,” Thomas Djamaluddin menjelaskan.

Teknologi roket adalah hal baru bagi Bambang. Meski demikian dia mendorong untuk percepatan terwujudnya RPS tersebut. Kerja sama dengan pihak luar perlu terus dijalin karena teknologi ini bersifat terbatas. Dalam arti tidak semua negara memahami dan tidak semua negara bersedia untuk memberikan bahkan untuk sekedar knowledge. Jika nanti RPS bisa terwujud diyakininya Indonesia bisa menjadi daya tarik negara lain untuk meluncurkan satelitnya.

“Kalau kita bisa mewujudkan RPS ini akan menjadi daya tarik negara lain untuk meluncurkan satelitnya menggunakan roket kita dan dari bandar antariksa kita juga. Selain kita bisa mandiri nantinya juga bisa menambah pemasukan bagi negara melalu bidang antariksa ini’” ujar Bambang pada saat rapat terbatas dengan pejabat LAPAN.

Kepala Pustekroket, Sutrisno, menambahkan bahwa saat ini tengah dikembangkan roket peluncur satelit (RPS) sejak 2016 lalu. Salah satu upaya yang telah dilakukan adalah dengan menjalin kerja sama dengan pihak luar. Dia juga meminta dukungan semua pihak agar cita-cita memiliki RPS dapat terwujud.

"Kita akan mengembangkan RPS dengan melalui tahapan-tahapan penguasaan roket Sonda," jelas Sutrisno menutup kunjungan pada hari itu.

Terus dukung perkembangan teknologi roket Indonesia agar mampu mewujudkan program RPS sehingga menjadi mandiri di bidang antariksa. Salam #BanggaRoketIndonesia


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts
Kontak kami :
Pusat Teknologi Roket

Jl. Raya Lapan No. 2 Mekarsari, Rumpin
Bogor 16350, Jawa Barat
Telp. (021) 70952065
Fax. (021) 7095206



Flag Counter
 

© 2019 | Pusat Teknologi Roket | Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional | LAPAN