Fokus Pengembangan Teknologi Roket

Berita



Bincang-bincang Karir Peneliti LAPAN: Bahasan Menarik Uji Kompetensi dan Syarat Kenaikan Jenjang
Penulis Berita : Wigati • Fotografer : Eggi • 06 Aug 2020 • Dibaca : 1111 x ,

Rumpin - Pusat Teknologi roket mengadakan Webinar dengan topik BINCANG – BINCANG KARIR PENELITI melalui Zoom Cloud Meeting dengan total peserta lebih dari 180 peneliti LAPAN. Dalam webinar ini dibahas dua pokok bahasan utama, antara lain Penilaian fungsional peneliti LAPAN di MAPP dan implementasi Perka LIPI di MAPI.  Sebagai moderator Prof. Dr. Eddy Hermawan (Ketua MAPI) serta nara sumber Prof. Dr Wahyu Widada (Anggota MAPP).

Wahyu Widada mempresentasikan Peraturan LIPI no 20 tahun 2020 tentang petunjuk teknis jabatan fungsional peneliti bab x mengenai UJI KOMPETENSI. Prof Wahyu memberikan 2 contoh uji kompetensi untuk kenaikan jenjang dan untuk maintenance.

Para peserta sangat antusias mengikuti acara bincang-bincang ini,terlihat saat sesi diskusi dan tanya jawab , banyak sekali pertanyaan yang diajukan baik secara langsung maupun melalui line chat. Diadakan 3 sesi pertanyaan langsung dengan masing sesi ada 3 – 4 penanya, dan 4 sesi pertanyaan melalui line chat.

Diskusi /pertanyaan langsung antara lain mengenai hasil SK kelululusan uji kompetensi apakah untuk proses kenaikan jenjang harus diurus sendiri atau otomatis, apakah HKM ada masa berlakunya, penelusuran dokumen jurnal dengan screenshoot apakah bisa diakui atau harus lengkap.

Pertanyaan melalui  line chat tentang apakah jurnal sebelum adanya peraturan LIPI no 20/tahun 2020 masih bisa dinilaikan, kapan berlaku TMT untuk jabatan peneliti harus sudah S2., apakah dokumen insinas 5 tahun lalu masih bisa dinilaikan, dokumen uji kompetensi bisa diajukan untuk angka kredit. Jurnal nasional terakreditasi terdaftar di sinta 1 dan sinta 2. Jika peneliti dalam satu wadah BRIN, bagaimana untuk TMT? Apakah tulisan yang tidak sesuai denga kepakaran dapat dinilaikan.

Sebelum acara berakhir moderator membacakan resume: berawal dari peraturan LIPI no 20 tahun 2020, ada beberapa yang kadang kala tidak tertulis tapi bisa jadi acuan, jika naik jenjang mohon dilengkapi semua persyaratan.

Melihat begitu antusias dan semangat para peneliti dalam acara ini, ketua Hipenindo, Prof.Dr Heri BW menyampaikan bahwa acara bincang-bincang akan dibuat serial dan sesuai dengan kebutuhan. Untuk seri berikutnya rencana akan hadir sebagai nara sumber adalah Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin dengan topic Implementasi pasca BRIN.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts
Kontak kami :
Pusat Teknologi Roket

Jl. Raya Lapan No. 2 Mekarsari, Rumpin
Bogor 16350, Jawa Barat
Telp. (021) 70952065
Fax. (021) 7095206



Flag Counter
 

© 2019 | Pusat Teknologi Roket | Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional | LAPAN