Pegawai Pustekroket Jalani Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama
By admin, 05 Mar 2021

Rumpin – Sebanyak 95 orang pegawai Pusat Teknologi Roket (Pustekroket) LAPAN telah disuntik Vaksin COVID-19 di lobi Gedung Terpadu Pustekroket, Jumat (5/3/2021). Vaksinasi ini merupakan upaya melawan COVID-19, sekaligus bukti komitmen Pustekroket dalam mendukung program vaksinasi nasional untuk menciptakan kekebalan kelompok atau herd immunity sebagai bentuk perlindungan dari penularan virus Corona.

Mengingat jumlah pegawai yang mencapai 226 orang, serta menghindari risiko Covid-19 akibat kerumunan orang, pemberian vaksin bagi pegawai Pustekroket dilakukan secara bertahap. Tahap pertama dilakukan Jumat (5/3), sedangkan untuk tahap kedua akan diadakan pada Senin (8/3).

Proses vaksinasi berjalan lancar, meskipun, terdapat beberapa pegawai yang dengan terpaksa harus ditunda vaksinasinya. Beberapa faktor yang menjadi penyebab ditundanya vaksinasi mulai dari tekanan darah tinggi, alergi dan hingga memiliki riwayat penyakit diabetes.

Sekalipun para pegawai sudah menerima vaksin ini, namun dihimbau untuk tetap menjaga protokol kesehatan. Pegawai yang sudah divaksin bukan berarti selamat atau terhindar dari penyebaran Covid-19 ini. Para pegawai tetap harus menjaga 5M apalagi beradarkan pemberitaan di media massa saat ini, muncul virus baru B117 yang disinyalir lebih ganas dari Covid-19.

Ingat Pesan Ibu: Wajib 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas serta aktivitas di luar rumah).

Sebagai bahan informasi, berikut kami sampaikan prosedur pelaksanaan vaksinasi di Pustekroket:

  1. Pegawai yang hendak divaksin diharuskan menunjukan KTP pada petugas saat melakukan registrasi.
  2. Pegawai akan mendapat screening dari dokter.
  3. Pegawai yang lolos screening akan mendapat vaksin.
  4. Pegawai akan diobservasi oleh tenaga kesehatan dalam waktu 30 menit.
  5. Setelah 30 menit tanpa keluhan kesehatan, pegawai akan mendapatkan kartu vaksin.
  6. Pegawai diharapkan kedatangannya dalam 14 hari ke depan untuk mendapatkan penyuntikan dosis ke-2 dengan membawa kartu vaksin yang telah didapat.