PELATIHAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DALAM RANGKA PENGUASAAN TEKNOLOGI PROSES MANUFAKTURING ROKET
By admin, 26 Sep 2017
Untuk  mendukung terlaksananya peran LAPAN dalam RPJMN dan Renstra 2015 – 2019 serta 7 Program Utama LAPAN pada bidang peroketan yaitu program pengembangan roket pengorbit satelit dan teknologi roket sonda, maka Pustekroket LAPAN selaku lembaga riset sangat memerlukan pelatihan yang bersifat sertifikasi keahlian. Salah satunya adalah K3 Keselamatan dan kesehatan kerja merupakan faktor yang sangat penting, bahkan harus menjadi prioritas dalam menjalankan pekerjaan. Ini berlaku terutama pada karyawan yang punya pekerjaan berisiko tinggi, seperti di proses manufaktur, laboratorium dan sejenisnya. Pada bulan Mei 2017 Pustekroket telah mengikuti Basic safety and health ditujukan untuk memberikan dasar pengetahuan K3 kepada personil yang akan merancang dan mengawasi sistem K3 di Pustekroket.
 
Pada Bulan September 2017 bertempat di HSP Academy, Ruko Graha Boulevard Blok D/26 Gading Serpong, Pustekroket juga telah mengikuti K3 Laboratorium Sertifikasi BNSP. Pelatihan tersebut dilakukan dalam dua tahap, yaitu tahap pertama teori dan tahap kedua ujian tulis dan wawancara. Pelatihan ini ditujukan untuk personil yang dalam kesehariannya bekerja di laboratorium. Keselamatan dan kesehatan kerja di laboratorium penting diterapkan untuk mencegah dan mengurangi resiko kecelakaan kerja, yang akhir-akhir ini kerap kali terjadi akibat kurang kesadaran dari para pengelola laboratorium untuk menerapkan sistem kesehatan keselamatan kerja (K3), tidak hanya itu infrastruktur laboratorium juga mempunyai andil terhadap resiko kecelakaan kerja yang mungkin terjadi di laboratorium. Dimana diketahui berbagai kegiatan dan aktifitas yang dilakukan di laboratorium tidak lepas dalam menggunakan berbagai bahan kimia berbahaya. Selain itu kecelakan juga bisa terjadi karena kelalaian atau kecerobohan pada saat melakukan pekerjaan, yang menyebabkan cidera, luka berat, luka ringan bahkan kematian.
 
Setelah Mengikuti Pelatihan K3 diharapkan Personil mampu merancang dan membangun sistem kesehatan dan keselamatan kerja di Pustekroket yang sama sekali belum ada di Pustekroket, Personil menjadi agen perubahan dalam membudayakan K3 pada unit kerja, Sistem K3 sangat penting dalam proses penelitian, pengembangan dan engineering roket. Keselamatan asset negara dan SDM ahli roket sangat dipengaruhi oleh sistem K3 yang akan dibuat. Selain itu pula, letak Pustekroket yang masuk ke dalam kawasan strategis nasional sangat memerlukan sistem K3 yang memadai agar kawasan ini dapat terjaga stabilitas dan keamanannya.