Fokus Pengembangan Teknologi Roket

Berita



KKIP Bahas Peran LAPAN untuk Industri Pertahanan
Penulis Berita : Eggi • Fotografer : Eggi • 03 Feb 2021 • Dibaca : 2091 x ,

Rumpin – Pusat Teknologi Roket (Pustekroket) LAPAN menerima kunjungan kerja dan audiensi dari Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP). Rombongan KKIP dipimpin oleh J. Suryo Prabowo selaku Ketua Tim Pelaksana KKIP serta Darwanto, S.H., M.A.P., Ketua Bidang Perencanaan KKIP. Total sebanyak sepuluh orang dari KKIP hadir dalam pertemuan tersebut.

Kedatangan KKIP ke kantor Pustekroket di Rumpin, Bogor, dalam rangka upaya perumusan kebijakan Industri Pertahanan. Kunjungan ini bertujuan untuk mendalami peran LAPAN dalam mendukung program-program Nasional seperti pembuatan Roket Nasional, Booster Rudal serta Staelit.

Dr. Rika Andiarti, Deputi Bidang Teknologi Penerbangan dan Antariksa LAPAN, beserta dengan jajaran pimpinan dan Pustekroket berkesempatan menerima kunjungan kali ini. Selain itu, Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin, turut hadir melalui vidio koferensi. Dalam sambutannya, dia menerima dengan baik kunjungan KKIP kali ini. Ia juga berharap ada sinergi berkelanjutan khususnya dalam pemanfaatan teknologi roket dan staelit bagi industri pertahanan nasional.

Dalam kesempatan ini, Kepala Pustekroket, Lilis Mariani M.Eng. juga memberikan pemaparan terkait dengan institusi Pustekroket. Melalui penyampaian materinya dijelaskan tentang beberapa hal, mulai dari arah kebijakan dan strategi, perkembangan roket LAPAN, kerja sama luar negeri sampai dengan pembahasan rencana bandar antariksa.

Pada diskusi terbuka beberapa hal diutarakan silih berganti. Dari pihak LAPAN, ada beberapa hal yang ditekankan diantaranya, rencana transfer teknologi propelan ke PT. Dahana, ada juga penyampaian permasalahan LAPAN seperti anggaran, teknologi yang selama ini dipelajari secara otodidak juga pembelian material yang tidak sesuai spesifikasi untuk keperluan space.

Sedangkan pihak KKIP menyoroti hal-hal seperti kerja sama luar negeri yang perlu diteliti lebih lanjut. Mereka juga mengingatkan LAPAN untuk berkonsolidasi dengan pengguna teknologi agar perkembangan teknologi roket juga sesuai dengan kebutuhan. Selain itu KKIP mengharapkan bahwa roket pertahanan dapat segera diwujudkan dalam waktu 2 tahun ke depan.

Rombongan KKIP juga diajak berkeliling mengunjungi laboratorium serta melihat fasilitas yang dimiliki Pustekroket. Melalui kunjungan kerja ini diharapkan bahwa penelitian dan pengembangan roket tanah air semakin maju dan menjawab kebutuhan berbagai bidang termasuk pertahanan.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts
Kontak kami :
Pusat Teknologi Roket

Jl. Raya Lapan No. 2 Mekarsari, Rumpin
Bogor 16350, Jawa Barat
Telp. (021) 70952065
Fax. (021) 7095206



Flag Counter
 

© 2019 | Pusat Teknologi Roket | Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional | LAPAN